Menyambung yang Terputus

by yudhi trisnanta
Pantai-Majene

Pantai Selat Makassar (Kabupaten Majene)

GEMA MENARA – Menyusuri jalan trans Sulawesi lintas barat, terutama di sepanjang kabupaten Majene propinsi Sulawesi Barat, kita akan disuguhi panorama alam yang sangat indah, mulai dari bentangan pantai pasir putih, nyiur yang melambai-lambai serta semilir hembusan angin dari birunya laut selat Makassar, dengan kondisi infrastruktur jalan yang sangat mulus, membuat perjalanan terasa nyaman.

Namun ketika tiba di sepanjang jalan yang berada di pesisir Teluk Banua yang berada di wilayah administrasi Kecamatan Sendana, ada sesuatu yang hilang, yaitu terputusnya jaringan telekomunikasi. Sehingga praktis tidak dapat melakukan atau menerima panggilan telepon seluler.

Jalan Trans Sulawesi – Desa Tallu Banua

Menurut kepala desa Tallu Banua, H. Saharang, salah satu desa yang berada di pesisir Teluk Banua, sampai saat ini masyarakatnya belum dapat menikmati kemudahan komunikasi menggunakan telepon seluler layaknya masyarakat di daerah lain. Apabila ada urusan yang sangat mendesak dan harus menghubungi kerabat yang jauh maka mereka “mencari signal” ke arah lepas pantai Teluk Banua atau ke desa Tammerodo. Desa Tammerodo ini berada sekira 2 KM sebelah utara desa Tallu Banua.

Di Ulang Tahun yang ke 69 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, masyarakat yang bermukim di  sekitar Teluk Banua ini “dihadiahi” dengan pendirian menara telekomunikasi yang letaknya berada di dusun Poniang Utara desa Tallu Banua.

Menara Telekomunikasi

Menara Telekomunikasi

Menara telekomunikasi ini berdiri atas kerja sama antara PT.Telekomunikasi Selular (Telkomsel) selaku operator seluler dan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) selaku pemilik infrastruktur menara telekomunikasi tersebut.

Dengan adanya menara telekomunikasi ini, masyarakat akan segera “merdeka” dapat menikmati kemudahan berkomunikasi jarak jauh, dan sekaligus mempererat persatuan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*