Pesona Alam Kota Soppeng

by yudhi trisnanta

Pesona Wisata

GEMA JAVARAYA – Mungkin Anda mengira yang ada di gambar tersebut adalah kumpulan buah-buahan, tapi Anda salah, yang tampak pada gambar tersebut adalah sekumpulan binatang malam (baca : kelelawar) yang sedang isterahat (nyante) di siang hari.

Ini merupakan fenomena unik, dimana kita tidak perlu pergi ke goa-goa gelap untuk melihat tingkah laku kelelawar di siang hari. Kalau Anda tertarik dan ingin berwisata melihat pemandangan alam ini maka Anda harus berkunjung ke kota Soppeng. Di sini ribuan kelelawar bergelantungan di atas pohon asam yang tumbuh di tengah kota, ini sudah terjadi sejak ratusan bahkan mungkin ribuan tahun yang lalu. Kota ini berada di dataran yang relatif tinggi sehingga udaranya sangat sejuk. Jika Anda berminat, saya akan menunjukan route perjalanan menuju kota tersebut.

Kota Soppeng berada di kabupaten Soppeng propinsi Sulawesi Selatan. Dari kota Makassar dapat ditempuh dengan perjalanan darat (mobil) sekitar 4 jam. Ada dua route yang dapat ditempuh. Route pertama, dari kota Makassar – Maros – Camba – Soppeng, route kedua dari kota Makassar – Maros – Barru – Buludua – Soppeng.

Kalau tujuan Anda berwisata alam, saya menyarankan untuk mengambil route pertama. Dengan route pertama, Anda dapat singgah di taman wisata Bantimurung yang berada di Maros, lokasi wisata alam ini dilewati ( pada jalan utama) pada  route tersebut (dalam tulisan berikut saya akan sajikan pesona alam Bantimurung surganya kupu-kupu). Selain itu Anda akan melewati jalan perbukitan yang sejuk dan tentunya menyenangkan.

Masyarakat Soppeng berasal dari Suku Bugis, sangat ramah dan layaknya masyarakat asli Indonesia lainnya, budaya kekeluargaan dan tolong menolong masih sangat kental, sehingga saya jamin Anda tidak akan tersesat di sana. Selain menikmati panorama alam yang indah, tentu Anda juga dapat menikmati wisata kuliner khas Sulawesi Selatan.

O..ya.., kalau Anda seorang Kristiani (baca : katolik), sekalian Anda dapat Ziarah Rohani di kota ini. Walaupun mayoritas masyarakatnya beragama Islam, akan tetapi kota ini merupakan pusat peziarahan rohani bagi umat katolik, terutama di bulan Mei dan Oktober (bulan Maria). Inilah contoh yang harus ditiru, dimana perbedaan dan keragaman bukanlah sesuatu yang membuat kita berbeda dan bertikai, tetapi pandanglah semua itu sebagai anugrah kebesaran Illahi yang senantiasa harus disyukuri dan di jaga.

Dengan berwisata alam, hal itu akan menambah kecintaan Anda terhadap tanah air Indonesia nan kaya, dengan demikian Anda pasti akan menjaga dan mewariskannya ke generasi yang akan datang, sebuah negeri nan indah dan sebuah bangsa yang ramah.

Bila Anda memutuskan untuk berwisata alam ke kota Soppeng dan membutuhkan pemandu wisata, saya siap membantu Anda.

Selamat berwisata, semoga menjadi hari-hari yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*